Follow my blog with Bloglovin
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membedakan Ikan Mas Jantan dan Betina



Cara Membedakan Ikan Mas Jantan dan Betina bagi seorang yang berpengalaman cukup hanya melihat atau merabanya. Tapi bagi seorang pemula tentusaja kebingungan. Padahal budidaya ikan mas merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menguntungkan. Namun, oleh karena itu hal yang sangat penting dalam budidaya ikan mas adalah mencari indukan ikan mas jantan dan ikan mas betina yang memiliki kualitas baik. 

Hal ini sangat penting karena ikan mas jantan dan betina memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal pertumbuhan, reproduksi, dan juga hasil panen. Namun, meskipun penting, masih banyak orang yang kesulitan dalam membedakan mana ikan mas jantan dan mana ikan mas betina. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan beberapa cara yang dapat digunakan untuk membedakan ikan mas jantan dan betina.

Perhatikan Bentuk dan Ukuran Tubuh Ikan Mas.

Cara pertama yang dapat digunakan adalah dengan memperhatikan bentuk dan ukuran tubuh ikan mas. Umumnya, ikan mas betina memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ikan mas jantan. 

Apalagi ketika ikan mas betina sudah berukuran dewasa dan siap untuk dipijahkan atau dikawinkan, biasanya tubuhnya akan semakin besar dan perut ikan akan semakin membulat. Sedangkan untuk ikan mas jantan, tubuhnya cenderung ramping dan memiliki pergerakan yang lebih cepat. Hal ini dikarenakan produksi sperma pada ikan mas jantan dapat dilakukan setiap saat.

Cara Membedakan Ikan Mas Jantan dan Betina
Perhatikan Bentuk Tubuh Bagian Belakang Ikan Mas.

Ikan mas betina juga umumnya memiliki tubuh bagian belakang yang agak meruncing. Ketika sudah musim kawin, karena ikan mas betina ini memproduksi sel telur, maka akan adanya benjolan yang timbul pada salah satu sisi dari tubuh ikan mas betina, sehingga akan terlihat sedikit asimetris karena sebelah sisinya mengandung sel telur.

Berikutnya cobalah memijit alat kelaminnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa cara Cara Membedakan Ikan Mas Jantan dan Betina ini merupakan cara yang sedikit ekstrim, sehingga perlu dilakukan hanya pada ikan mas yang sudah berumur dewasa. Hal ini karena untuk ikan mas yang masih kecil, alat reproduksinya masih belum sempurna atau matang.

Untuk melakukan cara ini, anda harus memijit bagian perut atas lalu diurut kebawah sampai menuju kebagian alat kelamin ikan. Kemudian, perhatikan cairan apa yang keluar dari alat kelamin ikan mas tersebut. Bila yang keluar cairan berwarna putih susu, maka ikan mas tersebut merupakan ikan mas berkelamin jantan. 

Cairan yang keluar dari alat kelamin tersebut merupakan cairan sperma ikan. Sedangkan bila tidak keluar cairan, maka bisa dipastikan bahwa ikan mas tersebut berkelamin betina. Bila terus dipaksakan dipijat pada ikan mas betina, biasanya yang akan keluar adalah kotoran ikan yang berwarna kuning.

Perlu diingat bahwa cara ini merupakan cara yang ekstrim dan tidak selalu dapat digunakan untuk semua jenis ikan mas. Selain itu, cara ini juga dapat menyebabkan stres pada ikan dan menurunkan kualitas ikan. Oleh karena itu, sebaiknya digunakan sebagai cara terakhir setelah melakukan observasi yang cukup lama dan teliti agar dapat membedakan jenis kelamin ikan mas dengan tepat.

Cara Membedakan Ikan Mas Jantan dan Betina dari Karakter Fisik

Ikan mas jantan pada umumnya memiliki bintik-bintik putih yang menonjol. Ini biasa disebut tubercle pada bagian pelindung insang atau bagian depan dekat sirip dada. Bintik-bintik ini umumnya banyak muncul ketika musim kawin tiba. Namun beberapa ikan mas jantan juga akan terus memiliki ciri bintik seperti ini sepanjang tahun meski musim kawin telah terlewati. 

Namun perlu diingat bahwa bintik-bintik ini memang banyak ditemui pada ikan mas berkelamin jantan. Tapi bukan berarti bahwa ikan mas yang tidak memiliki bintik-bintik ini dipastikan berkelamin betina. Beberapa ikan mas jantan juga ada yang tidak memiliki ciri seperti ini.

Selain itu, anda juga bisa mengamati pada bagian perut bawah ikan mas dan lihat apakah terdapat garis bergerigi atau yang biasa dikenal dengan midline ridge. Garis ini biasa memanjang dari belakang sirip perut hingga ke area dekat insang dan menonjol pada ikan mas jantan. Sedangkan untuk ikan mas betina, garis ini biasanya tidak terlalu terlihat atau bahkan tidak ada.

Perbedaan Perilaku

Perilaku dari ikan mas juga dapat anda amati untuk bisa membedakan jenis kelamin dari ikan mas. Untuk ikan mas jantan, pergerakannya sangatlah lincah dan agresif. Ikan mas jantan akan cenderung mengejar-ngejar ikan mas betina bahkan menyenggol pantat ikan betina. Ketika musim kawin, ikan mas jantan akan lebih agresif dan seringkali mendorong ikan mas betina ke sisi-sisi akuarium.

Pergerakan ikan mas jantan sangatlah aktif. Sebaliknya, ikan mas betina cenderung bergerak sangat lambat, ini juga dipengaruhi karena tubuhnya yang gemuk dan bulat.

Melihat Perbedaan Pada Lubang Dubur Ikan Mas

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin ikan mas adalah dengan melihat perbedaan pada lubang dubur ikan mas.

Perhatikan Lubang dubur ikan, lubang dubur pada ikan mas jantan cenderung tidak menonjol keluar. Sedangkan pada ikan mas betina biasanya akan terlihat membengkak dan besar. Hal ini menandakan bahwa sel telur telah matang. Anda bisa mengamati hal ini pada masa pemijahan, karena biasanya ikan mas akan mengalami pembukaan anal dubur.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua jenis ikan mas mengikuti ciri umum yang berlaku. Beberapa spesies ikan mas tertentu tidak mengikuti ciri umum yang berlaku, sehingga untuk mengetahui jenis kelamin ikan mas, sebaiknya diamati lebih dari satu ciri tertentu.

Metode yang diatas bisa anda coba untuk dapat menentukan jenis kelamin dari ikan mas. Namun perlu diketahui bahwa tidak ada metode yang mudah dan langsung akurat dalam mengidentifikasinya. Oleh sebab itu, untuk mengetahui jenis kelamin ikan mas dengan tepat, perlu melakukan observasi yang cukup lama dan teliti. Anda bisa mengkombinasikan beberapa metode yang telah disebutkan sebelumnya seperti perhatikan bentuk dan ukuran tubuh, perbedaan karakter dan perilaku, dan perhatikan lubang dubur ikan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli atau penjual ikan untuk mendapatkan bantuan dalam menentukan jenis kelamin ikan mas. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa anda memiliki indukan yang tepat untuk mempercepat proses reproduksi dan meningkatkan kualitas ikan yang dihasilkan.

Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu anda dalam menentukan jenis kelamin ikan mas dengan lebih baik. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam budidaya ikan mas dan mengetahui cara membedakan ikan mas jantan dan betina.