Follow my blog with Bloglovin
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips mancing ikan mas

Tips mancing Ikan mas itu bagi setiap pemancing banyak yang tahu, tapi anehnya kalau kita perhatikan dari tiap-tiap pendapat dan komunitas pasti pendapatnya akan berbeda-beda, tidak akan sama, bukan dari perbedaan kita melihatnya, tapi pendapat yang berbeda itu sesungguhnya adalah kumpulan pendapat yang kaya. Maka kita perlu menggabungkan pendapat itu. Sehingga resep umpan kesukaan ikan mas yang kita idam-idamkan akan lebih baik.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi bagaimana umpan kesukaan ikan mas itu bisa efektif, dan akan suka dengan umpan kita. Coba kita mulai dari melihat beberapa karakter yang mendasar dari ikan ini.

Dengan tahu perilakunya maka kita akan lebih tahu bagaimana kita bisa menangkapnya.

Ikan mas biasa rata-rata hidup 10-15 tahun tetapi dapat hidup lebih dari 20 tahun dan mencapai ukuran 30-35 cm.. Sisiknya berwarna metalik dan bisa berwarna oranye, merah, kuning, hitam, putih, abu-abu, perak, dan beberapa kombinasi warna-warna tadi. Mereka kuat dan dapat bertahan hidup di akuarium atau kolam, bahkan dengan kualitas air yang buruk, dan dapat menahan suhu di bawah titik beku hingga lebih dari 32˚C. Mereka adalah pilihan yang sangat baik untuk Pemancing baik dari pemancing profesional maupun pemancing iseng baru.

tips mancing ikan mas
tips mancing ikan mas


Makanan kesukaan ikan Mas


  • Cacing tanah

Hewan yang beada di tanah Cacing tanah itu sesungguhnya sangat mudah untuk dicerna sehingga ikan mas menyukai dengan cacing tanah ini, selain ulat. Cacing juga mengandung protein yang sangat tinggi. Cacing merupakan umpan yang sangat klasik tapi sudah banyak dikenal sejak jaman dulu.

Tips mancing ikam mas
Tips mancing ikam mas


Cuma untuk dijadikan umpan sebaiknya gunakan cacing yang masih segar dan sebaiknya dipakai umpan masih dalam keadaan hidup dan usahakan jangan dipotong-potong.


  • Serangga: 

Hewan Serangga adalah salah satu kesukaan ikan mas yang sangat efektif untuk dijadikan umpan kesukaan ikan mas. contohnya kroto, tawon, atau jangkrik. serangga ini yang paling sering kita temui dan mudah didapatkan disekitar kita baik didapatkan dari lingkungan kita maupun beli di toko, karena harganya murah.

Tips mancing ikam mas
Tips mancing ikam mas


Moluska Serangga ini bisa kita jadikan umpan dalam keadaan hidup atau mati. Sebaiknya serangga yang kita gunakan serangga yang  umurnya masih muda.Umpan serangga sangat cocok digunakan di sungai, rawa, dan tambak.

  • Makanan nabati

Makanan nabati untuk ini bermacam-macam seperti buah-buahan dan sayuran, akan tetapi makanan ini bagi ikan hanya sekedarnya, bukan makanan pokoknya. Ikan mas mengonsumsi makanan nabati ini hanya sebagai makanan tambahan.

Aroma Buah yg disukai ikan mas

Aroma yg disukai ikan mas bukan hanya essen. Walaupun essen banyak digunakan oleh para pemancing mania. Pada sebagian tempat essen dilarang bahkan ada yang dijadikan aturan pada suatu tempat pemancingan. dengan alasan akan merusak kondisi air dan berdampak pada jadwal pemancingan berikutnya. Essen memang memiliki aroma yg disukai ikan ini dan memiliki aroma yang kuat karena essen mengandung zat kimia tertentu yang berefek pada ikan.

Sesungguhnya essen bukanlah satu-satunya umpan yang memiliki aroma yg disukai ikan mas. Ada banyak aroma yang disukai ikan mas. Berikut beberapa jenis aroma yg disukai ikan mas

  • Aroma Buah yg Disukai Ikan Mas yang berbentuk padat

Udang, tongkol, dan tuna. ikan ini memiliki aroma sangat kuat yang dapat mempengaruhi selera ikan mas.bahkan ada Aroma Buah Yang Disukai Ikan Mas.

  • Aroma Buah yg Disukai Ikan Mas yang berbentuk cair.

Kebanyakan bahan aroma untuk umpan ikan mas yang berbentuk ini adalah aroma bahan kimia seperti essen. walaupun ada jenis bahan aroma cair dari alam seperti minyak ikan, empedu ikan lele, atau telur jantan ikan yang berwarna putih juga bisa dijadikan bahan pencampur aroma yg disukai ikan mas.

  • Aroma yang berbentuk serbuk

Ada aroma yang berbentuk serbuk yang bisa dijadikan bahan aroma yg disukai ikan mas, diantaranya serbuk vanili dan serbuk biji pala.

Untuk meracik umpan ikan mas tentunya kita sebaiknya kita tahu aroma yang paling disukai ikan mas.

Berikut aroma yang disukai ikan mas:
  • Aroma wangi

Ikan mas menyukai Aroma ini dan Anda bisa mendapatkan ini dari aroma buah seperti pisang, apel, nangka, durian dan lain-lain. 

Umpan yang beraroma ini sebaiknya saat diracik menggunakannya tidak berlebihan. ini akan mempengaruhi ikan tidak kembali lagi.

  • Aroma Amis

Ikan mas juga menyukai Aroma bau amis biasanya bisa didapatkan dari aroma daging belut, udang, atau ikan tuna kaleng.

  • Aroma Gurih

Aroma bau gurih bisa anda dapatkan dari keju, susu, telur, atau santan.

  • Aroma Asem

Dengan adanya aroma asem ikan mas setidaknya akan mendapatkan perhatian dari aroma ini. Anda bisa mendapatkan aroma ini untuk racikan anda dari bahan mangga, nanas, dan buah asem lainnya. Memilih warna umpan yang tepat.


Memilih warna umpan yang tepat


Biasanya akan bergerak ke sana ke mari dalam mencari makanannya bukan hanya mengandalkan penciumannya tapi juga mengandalkan penglihatannya oleh karena itu warna umpan yang kita pakai juga menentukan hasil pancingan kita.

Tips mancing ikam mas
Tips mancing ikam mas


Ikan mas sesungguhnya penglihatannya yang kurang baik, oleh karena itu kita harus tahu karakter ikan mas dari segi penglihatannya. Ikan mas seperti layaknya ikan bersisik lainnya mempunyai alat khusus pada tubuhnya yaitu Garis lateral, adalah garis yang memanjang pada sisiknya. garis ini sebenarnya merupakan alat yang membantu dalam melihat atau meraba segala sesuatu di sekitarnya.

Jadi untuk lebih efektifnya umpan yang kita racik sebaiknya kita menggunakan sedikit teknik :

  • Usahakan Umpan kesukaan ikan mas yang kita pasangkan pada kail mempunyai corak. Ini bertujuan untuk membantu memudahkan ikan mas melihat umpan kita. Seperti corak bintik-bintik, atau garis-garis.
  • Pilih wilayah air yang lebih terang lebih banyak kena cahaya atau yang berbintik atau antara bayangan dedaunan agar memberi efek seolah umpan kita adalah mangsa potensial.

Memilih Tempat yang tepat

Pertama, kita perlu mendapatkan umpan atau umpan tepat di depan wajah mereka. Atau setidaknya dalam satu atau dua engkal. Inilah sebabnya mengapa langkah di atas penting untuk dipahami. 

Saat air tinggi dan berlumpur, ikan akan menangkap makanannya hampir semua yang terapung. Mereka tidak punya waktu untuk memeriksanya dengan mata mereka, jadi ketika mereka melihat sesuatu yang melayang lewat yang sepertinya bisa dimakan, dan berada dalam jarak dekat, mereka akan menangkap makanannya dengan cepat dan melihat apakah sesuai dengan seleranya atau tidak. Jika ada sesuatu yang tidak mereka sukai, mereka akan segera memuntahkannya kembali. Ikan tidak memiliki tangan, jika mereka ingin merasakan sesuatu, mereka melakukannya dengan mulut mereka.

Saat sungai berlumpur, cukup buat umpan Anda mengapung dalam jarak satu atau dua jengkal dari ikan dan kemungkinan akan menggigit apa saja yang ada disekitarnya. Saat inilah bersiaplah untuk menarik kail Anda karena jika Anda terlalu lambat, maka akan memuntahkannya bahkan sebelum Anda menyadari bahwa umpan Anda telah dimakannya.