Follow my blog with Bloglovin
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ikan Gurame Ikan Air Tawar Populer

Ikan Gurame ikan Air tawar populer


Ikan Gurame ikan Air tawar populer terutama di kawasan Asia Tenggara. Bahkan di daerah Jawa Barat dan sekitarnya, keberadaan ikan ini dalam acara pernikahan dapat menjadi sebuah kebanggaan bagi para pengelola acara. Hal ini dikarenakan harga ikan gurame cukup mahal, namun kualitas dagingnya yang lembut serta khasiat yang baik untuk kesehatan menjadi alasan utama mengapa ikan ini sangat digemari.

Profil ikan gurame

Ikan gurame atau osphronemus gouramy adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer di kawasan asia tenggara dan asia selatan. Ikan ini dikenal dengan berbagai sebutan, seperti gurami, grameh, kalu, ikan kali, dan lain-lain. Gurame memiliki bentuk tubuh yang lebar dan pipih, dengan panjang tubuh yang dapat mencapai 2,0-2,1 kali tinggi tubuh dan panjang tubuh total yang dapat mencapai 1.000 mm.

Morfologi

Ikan gurame memiliki sirip perut yang unik, dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk. Sirip punggung (dorsal) ikan ini terdiri dari xi-xiv jari-jari keras atau duri dan 12-14 jari-jari lunak, sementara sirip dubur (anal) terdiri dari x-xi dan 20-23 jari-jari.

Pola makan ikan gurame



Gurame merupakan hewan omnivora yang memiliki pola makan yang unik. Saat masih kecil, gurame cenderung bersifat karnivora dengan memakan kutu air, jentik nyamuk, cacing sutera, blood worm, dan hewan kecil lainnya. Namun saat menginjak remaja, gurame lebih menyukai makan dedaunan seperti daun keladi, talas, sente, daun pepaya, kangkung, daun singkong, daun ubi jalar, dan daun-daun lainnya.

Manfaat dari ikan gurame

Sangat populer sebagai ikan konsumsi, gurame juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Ikan yang termasuk ikan mahal ini kaya akan protein, lemak baik, dan asam lemak esensial yang baik untuk kesehatan jantung. Gurame juga kaya akan vitamin b12 yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, ikan jenis nila ini juga kaya akan mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan tubuh.



Beranfaat untuk kesehatan

Selain populer sebagai ikan konsumsi, ikan ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

  • Pertama, kaya akan protein. Protein merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memperkuat jaringan tubuh. Dagingnya juga mengandung lemak baik seperti asam lemak omega-3 yang dikenal baik untuk kesehatan jantung.
  • Kedua, kaya akan vitamin b12 yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Kaya juga  akan mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan tubuh.
  • Ketiga, ikan gurame juga dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.
  • Keempat, ikan ini dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dagingnya mengandung zat selenium yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah infeksi dan penyakit.
  • Kelima, dikenal dapat menjaga kesehatan tulang. Karena yang memiliki jari seperti cambuk ini mengandung kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Secara keseluruhan, ikan gurame adalah ikan air tawar yang sangat populer dan berkhasiat bagi kesehatan. Sifat unik dari gurame seperti pola makan yang unik dan bentuk tubuh yang lebar dan pipih membuat ikan ini menjadi salah satu pilihan ikan yang digemari oleh para pemelihara ikan. Ikan yang berharga mahal ini juga dikenal sebagai ikan yang mudah dibudidayakan dan adaptif terhadap berbagai jenis kondisi lingkungan.

Sebagai ikan hias

Gurame juga dikenal sebagai ikan yang sangat aktif dan cepat bergerak, sehingga menjadi salah satu pilihan ikan yang digemari oleh para pecinta ikan hias. Namun, perlu diingat bahwa ikan gurame membutuhkan ruangan yang cukup luas dan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan gurame agar dapat tumbuh dengan baik.

Menguntungkan untuk dibudidayakan

Walaupun banyak digunakan sebagai ikan konsumsi atau ikan hias, ikan ini banyak digunakan dalam berbagai jenis budidaya ikan. Ikan gurame dapat dibudidayakan dengan cara pembesaran, pembenihan, dan juga pemijahan. Gurame dikenal sebagai ikan yang mudah dipelihara dan dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis lingkungan budidaya.

Secara keseluruhan, ikan ini adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer dan berkhasiat bagi kesehatan. Selain itu, gurame sangat digemari sebagai ikan konsumsi, ikan hias, dan juga dalam berbagai jenis budidaya ikan. Jika anda tertarik untuk memelihara ikan gurame, pastikan untuk memperhatikan kebutuhan ikan ini agar dapat tumbuh dengan baik. Itulah sedikit tentang Ikan Gurame.

FAQ

  1. Bagaimana cara membedakan jenis-jenis gurame?

    • Gurame umumnya dibedakan berdasarkan warna dan corak tubuhnya. Beberapa jenis gurame yang umum termasuk gurame soka, gurame rajadanu, dan gurame import.
  2. Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ikan gurame untuk dibudidayakan?

    • Pilihlah gurame yang sehat dan aktif. Pastikan warna dan corak tubuhnya normal, serta perhatikan apakah sirip dan insangnya dalam kondisi baik.