google.com, pub-4275622141754798, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Mengenal ikan channa Barca Asal dan keunikannya - keuyeup
Follow my blog with Bloglovin
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal ikan channa Barca Asal dan keunikannya

Mengenal ikan channa Barca Asal dan keunikannya
Mengenal ikan channa Barca


Ikan Gabus Devi Suzanti seharga Rp50 juta? Apakah ada minat? Kita bisa membaca semua tentang satu jenis ikan Channa dan ikan Gabus. Selama ini orang-orang mulai melakukan hobi mereka di malam hari dan mereka pecinta ikan dan memelihara hewan seperti ikan. Beberapa orang mengumpulkan hasil panen selama pandemi Covid19. Tren memancing kodok sedang viral – mungkin Anda salah satunya. Bahkan harga cropfish sangat tinggi terutama dalam kasus dengan kualitas bagus dan langka. Selain itu, hanya sedikit orang yang lebih menyukai ikan lain seperti Channa. Banyak spesies ikan tersedia di sini di rumah kami. Beberapa spesies Channa masih merupakan keluarga ikan gabus, tetapi harganya mahal.



Mengenal Ikan Channa Barca, Ikan Hias Berkepala Ular dengan Harga Fantastis


Asal

Genus Channa berisi 31 spesies yang asli di seluruh Asia dari berasal dari Iran tenggara dan Afghanistan timur ke timur melalui Pakistan, India, selatan Nepal, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Laos, Malaysia, Sumatra, Indonesia, Vietnam, Korea, dan Cina ke utara ke Siberia.


Mengenal Jenis Ikan Channa atau Gabus

Channa, umumnya dikenal sebagai Snakeheads (kepala ular), adalah ikan predator primitif dan anggota keluarga Channidae. Mereka adalah sekelompok ikan perciform (klas ikan terbesar cinya memiliki sirip seperti kipas) yang afinitasnya tidak diketahui, meskipun studi terbaru tentang filogeni molekuler ikan bertulang menganggap snakehead sebagai yang paling dekat hubungannya dengan ikan labirin (anabantoids) dan belut synbranchiform, yang termasuk belut berduri.

Mengenal ikan channa Barca Asal dan keunikannya
Ikan channa Barca


Ragam Jenis Ikan Channa (Gabus)

Spesies Channa yang berbeda ukurannya sangat bervariasi. Istilah dwarf snakeheads diciptakan oleh aquarists untuk menggambarkan sekelompok spesies Channa yang hanya tumbuh 25 sentimeter: Channa bleheri, Channa cachua, Channa orientalis dan Channa andrao. Spesies ini paling cocok untuk dipelihara di akuarium karena ukurannya dan temperamennya yang relatif jinak

Channa memiliki tubuh yang memanjang dan dibedakan dengan sirip punggungnya yang panjang, mulutnya yang besar penuh dengan gigi dan memiliki corak yang khas. Mereka mendapatkan nama umum Snakehead karena bentuknya yang pipih dan sisik di kepala mereka yang mengingatkan pada sisik epidermal besar pada ular.Mengenal ikan channa Barca Asal keunikannya

Keunikan ikan Channa

Channa adalah ikan predator yang memangsa di stadium remaja pada plankton, serangga dan siput. Sementara mereka tumbuh, spesies yang lebih besar beralih ke menu yang sebagian besar terdiri dari ikan, katak, kepiting, udang, mamalia air kecil, dan burung.

Sebelum dewasa sebagian besar spesies Channa berburu dalam kelompok. Ketika menjadi dewasa secara seksual, mereka memulai kehidupan menyendiri dan mengembangkan tingkat agresi yang tinggi terhadap spesies mereka sendiri dan ikan lain. Ketika pasangan telah terbentuk sebagian besar spesies tidak mentolerir ikan lain.

Channa memiliki insang untuk menghirup air seperti kebanyakan ikan lainnya. Namun, orang dewasa dan orang dewasa juga dapat menghirup udara untuk memenuhi kebutuhan oksigen mereka. Snakeheads sebenarnya adalah pernapasan udara wajib dan harus memiliki udara dari permukaan jika tidak mereka akan tenggelam. Tidak seperti banyak ikan bernapas lainnya, channa memiliki serangkaian rongga di bagian belakang kepala mereka. Ruang suprabranchial ini diisi dengan jaringan terlipat yang memiliki luas permukaan yang tinggi, dan memungkinkan perubahan oksigen terjadi secara langsung antara udara dan darahnya. Tidak seperti mamalia, mereka tidak memiliki diafragma dan menggunakan air untuk menukar udara lama dengan udara segar setiap kali mereka menarik napas. Dengan demikian, kemampuan mereka untuk menghirup udara saat keluar dari air terbatas. Mereka tampak menghirup udara lebih sering saat berenang secara aktif.

Mengenal ikan channa Barca Asal dan keunikannya
Ikan channa Barca


Genus Parachanna (asli dari beberapa bagian Afrika) dideskripsikan terpisah dari genera Channa karena penerapan bagian pernapasan udara yang lebih primitif.

Snakeheads diketahui bermigrasi jarak pendek di atas tanah, untuk menemukan cekungan air lainnya, menggunakan kemampuan untuk menghirup udara. Saat bergerak di atas tanah, mereka melengkungkan tubuh mereka dalam bentuk S terlebih dahulu, sebelum meluncurkan diri mereka ke depan dengan peregangan yang kuat. Dalam kondisi kelembaban tinggi, Channa mampu bertahan dari 2 hingga 4 hari di luar air. Namun, ketika ditempatkan di bawah sinar matahari langsung, mereka mengering dan mati dalam beberapa menit hingga beberapa jam. Bertentangan dengan apa yang diyakini, Snakehead tidak diketahui meninggalkan air untuk alasan apa

Karakteristik ikan Channa barca

Ikan gabus terbiasa sebagai ikan untuk makanan sehari-hari, terutama di India, Asia Tenggara, Cina, dan sebagian di Afrika. Ikan ini telah lama menjadi bagian penting dalam menangkap ikan dan, dalam beberapa dekade terakhir, beberapa spesies (C. maculata, P. obscura, C. striata, C. argus) telah menjadi komoditas budidaya dan ada juga yang digunakan sebagai predator untuk mengontrol kepadatan ekosistem terutama ikan nila yang dianggap sebagai hama ikan di lapak kolam ternak ikan. Penjual memanfaatkan kemampuan ikan ini dalam bertahan hidup dalam waktu lama pada kodisi air sedikit sekalipun. Sehingga, ikan segar dapat ditawarkan kapan saja sepanjang hari, yang menawarkan beberapa manfaat di hari yang panjang dan panas di pasar lokal.